Saturday, December 24, 2011

KESELAMATAN KERJA DALAM PENGELASAN


KESELAMATAN KERJA DALAM PENGELASAN

Pengelasan dan aktivitas lainnya sangat berpotensi menimbulkan bahaya bagi setiap pekerja maupun setiap orang yang berada di area kerja pengelasan. Bahaya yang terjadi dapat berupa panas yang sangat tinggi akibat pelelehan logam, fume maupun radiasi.
Guna mengurangi terpaparnya pekerja terhadap bahaya ini perlu adanya perlindungan pekerja dengan jalan memberikan prosedur kerja yang baik serta seksama, dimana setiap pekerja harus mematuhinya. Para pekerja juga harus diberi penjelasan tentang tata cara kerja yang aman, bahaya yang mungkin timbul dan beberapa panduan lain yang mengarah pada terciptanya suatu lingkungan kerja yang aman.
Dari berbagai peraturan dan prosedur, yang paling penting adalah bahwa setiap orang yang berada di tempat kerja harus mengetahui kemungkinan bahaya yang timbul akibat pekerjaan pengelasan seperti halnya material, peralatan maupun unjuk kerjanya.
Material dibagi menjadi material berupa logam yang akan dilas, elektroda dan material yang berbahaya yang dipergunakan dalam proses pengelasan seperti halnya gas pelindung ataupun gas-gas yang terjadi selama proses pengelasan.
Klasifikasi material berbahaya yang dipakai dalam proses pengelasan mengikuti klasifikasi yang telah berlaku secara internasional. Menurut WHMIS (Work Hazardous Material Information System)-Canada, material berbahaya diklasifikasikan menjadi 6 kelas, yaitu :

1.      Klas A. Compessed Gas

Compessed Gas adalah material seperti karbon dioksida (CO2) dan argon yang harus selalu disimpan dibawah tekanan dan pada temperature ruang.

2.      Klas B. Flammable and Combustible

Flammable and Combustible adalah material yang mudah menyala dan terbakar bila terekspose/ terkontaminasi api. Cairan yang flammable adalah cairan yang mempunyai flash point < 37.5 derajat Celcius (100 F). Sedangkan combustible mempunyai flash point > 37.5 derajat Celcius. Flash point adalah temperature minimum dimana cairan akan menjadi uap yang cukup dan dapat menyala. Contoh cairan flammable antara lain bensin, ethyl alcohol, dll. Sedangkan yang combustible seperti kerosene, creosote, dll.

3.      Klas C. Oxidizing

Oxidizing adalah material seperti halnya oksigen atau potassium chlorate, yang dapat menyebabkan kebakaran.

4.      Klas D. Poisonous and Bio-hazardous Infectious

Poisonous and Bio-hazardous Infectious adalah material yang dapat menyebabkan keracunan yang serius bila terkena badan, atau keracunan pada jangka panjang. Bakteri virus termasuk dalam kategori ini.

5.      Klas E. Corrosive

Corrosive adalah material yang dapat menghancurkan jaringan menusia atau material lain, contoh asam sulfat.

6.      Klas F. Dangerously Reactive

Dangerously Reactive adalah material yang karena reaksi kimia dengan bahan lain atau dipanaskan atau mendapat tekanan akan menyebabkan bahaya. Material yang diproduksi menjadi gas beracun termasuk dalam kategori ini namun eksplosive tidak termasuk.

Setiap material yang dikategorikan sebagai material berbahaya bila dipasok ke tempat kerja harus dilengkapi dengan label/ izin/ sertifilkat dari pemasok yang ditempel pada bungkus atau surat pengantar barang. Label ini juga harus ditempel pada tempat kerja dekat penyimpanan dan harus ikut dipindahkan bila material tersebut dipindahkan, untuk menyakinkan bahwa informasi telah sampai pada konsumen material tersebut. Informasi material berbahaya ini dapat diberikan dalam 3 cara, yaitu :

  1. Pemberian label produk
  2. Pelatihan
  3. MSDS (Material Safety Data Sheet), yang sekurang-kurangnya mengandung 9 informasi, yaitu : unsur berbahaya; informasi persiapan; informasi produk; data fisik, bahaya api dan peledakan; data reaktvitas; tingkat toksisitas; tindakan/ langkah preventive; dan tindakan pertolongan pertama.


PANDUAN MENCIPTAKAN LINGKUNGAN KERJA YANG AMAN

-         Pergunakan metode kerja yang benar
-         Ikuti prosedur keselamatan kerja
-         Perhatikan tanda-tanda peringatan
-         Baca label/ etiket keselamatan pada peratan/ material (MSDS)
-         Pergunakanlah alat pelindung yang sesuai

No comments:

AksenClix BBcode:

Click Get Money